Mengapa dan Kenapa Valentine Haram Hukumnya?



Seperti yang pernah saya baca disebuah artikel teman saya, saya sependapat dengan apa yang dituturkan beliau yaitu bagaimana memaknai dan menandai hari valentine sebagai hari kasih sayang untuk umat manusia di seluruh dunia.
Dalam hal ini tentu kita harus pandai-pandai membedakan arti menandai atau merayakan. Kata menandai tentunya kita cukup sekedar tahu saja bahwa kasih sayang antara sesama itu sangat penting dan kita bisa mewujudkan dengan tingkah laku yang baik,.perilaku yang baik dan perhatian kepada sesama kita.
Kata Merayakan tentu saja disana ada sebuah perayaan,pesta,party atau sejenisnya yang akan berujung pada kelalaian dan lupa diri dalam tanda kutip yang berakibat negatif.
Setiap tanggal 14 Februari hampir di seluruh dunia merayakan valentine day (hari kasih sayang), tidak terkecuali di belahan dunia bagian timur, meski valentine day ini berasal dari budaya barat yang notabene sangat berbeda dengan budaya timur. Tapi apakah benar segala sesuatu yang berbau "barat" itu buruk dan haram untuk ditiru? Ini persoalan lain karena setiap orang memiliki cara pandang berbeda dalam berbagai hal, termasuk dalam memandang valentine day ini. Apakah merayakan valentine day itu haram atau halal, itu sangat tergantung darimana kita mengambil argumen untuk men-justifikasi terhadap pendapat kita.

Namun apapun pendapat itu, sebaiknya kita bersikap lebih bijak untuk memahaminya, tanpa harus menuding salah atau benar pada setiap pendapat yang terlontar. Kita harus menyadari bahwa "tidak ada yang salah dengan perbuatan apapun yang kita lakukan di dunia ini, kecuali setelah ada pernyataan yang menyalahkan perbuatan itu, juga sebaliknya". Jika meminjam istilah fiqih: "segala sesuatu itu boleh dilakukan kecuali ada dalil yang melarangnya."

Sebagai sebuah budaya, merayakan hari valentine tidak ubahnya seperti merayakan hari ulang tahun, hari asysyura atau takbiran. Bedanya, yang satu berasal dari budaya barat dan yang lainnya dari timur. Lantas adakah yang salah dari budaya itu sehingga kita harus menolaknya dengan serta merta tanpa ada penelaahan yang bijaksana?
Tidak semua yang berasal dari barat itu buruk, buktinya kita memakai kemeja dan celana panjang, bukan sarung atau baju pangsi, demikian sebaliknya. Budaya, sebagai sebuah kreasi manusia, tentu saja memiliki sisi baik dan buruk sekaligus, tidak terkecuali yang berasal dari timur sekalipun. Bagai sebuah mata pisau, budaya apapun dan berasal dari manapun dapat merusak dan sekaligus bermamfaat bagi manusia, tergantung bagaimana menggunakannya. Tak ubahnya seperti sebuah pisau, ia dapat dijadikan alat untuk mengiris mangga dan sekaligus dapat dijadikan alat untuk membunuh.

Merayakan hari valentine jelas-jelas haram dan akan merusak tatanan norma-norma kehidupan kita jika merayakannya dengan cara-cara yang salah, seperti melakukan kencan buta, seks bebas, atau berpesta miras dan napza (minuman keras, narkotika dan zat adiktif). Sama haramnya dengan merayakan malam takbiran jika dirayakan dengan cara-cara seperti itu. Tapi jika merayakan valentine ini dengan sekedar menyatakan rasa kasih sayang atau memberikan hadiah (souvenir, kado) sebagai bentuk pernyataan rasa kasih kepada teman, guru, tetangga, saudara, kakak, adik atau orangtua, itu sangat baik untuk kita tiru dan lakukan. Why Not?
Bagaimana Menurut para Sobat..?




Share your views...

2 Respones to "Mengapa dan Kenapa Valentine Haram Hukumnya?"

Anonymous said...

kesempatan dalam kesempitan, mencari momen untuk boleh berbuat semau-maunya? hehe.. tidak serta merta begitu 'kan ya. salam,


Sunday, February 14, 2010 at 11:22:00 PM GMT+7
xrider said...

Thxs Bro,.udah mau mampir. slm knl ea.?

Post a Comment

Blog ini adalah " Dofollow" Komentar Akan Langsung Ditampilakn Tolong Jangan Nyepam ya, Kunjungi Situs Dofollow lainya di Jual Beli Notebook Bekas dan Harco Komputer dan Info Teknologi dan Tips Komputer
Perhatian != Menyertakan Url Life link di Komentar atau Menggunakan nama dan link yang sama secara berulang akan di anggap SPAM oleh Filter kami dan Otomatis tidak akan diterbitkan =

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 

Di Update © 2012 Blog Info Tips Dan Artikel Komputer All Rights Reserved Thesis WordPress Converted by Tutors.info